Senin, 11 Juni 2012


MANFAAT  MINUM AIR PUTIH SETELAH BANGUN TIDUR





  Beberapa orang mempunyai kebiasaan minum air putih saat baru bangun tidur. Kebiasaan ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kebutuhan air yang harus dikonsumsi orang berbeda-beda, hal ini karena tergantung dari beberapa faktor seperti berat badan, jenis kelamin, cuaca dan juga aktivitas yang dilakukannya sehari-hari. Misalnya orang yang aktif secara fisik atau tinggal di iklim panas, maka kebutuhan airnya lebih banyak. Dibutuhkan waktu untuk membiasakan diri mengonsumsi air putih segera setelah bangun tidur, karena hal ini bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan. Berikut manfaat yang bisa didapat, yaitu:
1.   Mengganti Cairan Tubuh
Karena pada saat kita tertidur, tubuh masih melakukan aktivitas terus-menerus, metabolism dalam tubuh akan terus berlangsung walaupun kita dalam keadaan tertidur. Apabila tubuh melakukan metabolism tentu saja akan membutuhkan cairan, Oleh karena itu minum air putih saat bangun tidur sangat bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh saat metabolisme.


2.  Meningkatkan energi
Mengonsumsi air di pagi hari bisa meningkatkan metabolisme, membantu seseorang merasa lebih segar karena adanya peningkatan energi di dalam tubuh.Hal ini karena hampir semua bagian tubuh memerlukan air agar bisa bekerja secara optimal, jika tubuh dehidrasi akan timbul kelelahan dan lesu sehingga menjadi tidak efisien.
3.  Menghilangkan racun
Minum air di pagi hari akan membantu meringankan fungsi ginjal dalam hal menghilangkan berbagai racun dari dalam sistem tubuh. Hal ini karena saat malam hari tubuh tidak mendapatkan asupan cairan, sehingga cairan dalam ginjal menjadi pekat. Apabila hal ini terjadi terus-menerus akan mengakibatkan terbentuknya batu kristal di dalam saluran kencing atau sering di sebut batu ginjal.

Sedikit dari informasi ini saya dapat dari seorang teman yang telah rutin minum air putih setelah bangun tidur, kemudian saya mencobanya sendiri dan ternyata minum air putih setelah bangun tidur memiliki manfaat yang cukup besar bagi tubuh. Oleh karena itu saya sarankan kepada pembaca untuk mencoba rutin minum air putih setelah bangun tidur sehingga pembaca dapat membuktikan sendiri manfaatnya. Saya harap informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua, terima kasih.



By: Agus Setiawan Aji N. (D1810002)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar