Minggu, 24 Juni 2012


Tips Berhenti Berpikir Negatif



Apapun yang kita pikirkan maka hal tersebut akan datang kepada kita. Jika kita berpikir positif maka hal positif yang akan datang, namun jika kita berpikir negatif maka hal negatiflah yang akan datang. Sayangnya, untuk sebagian besar dari kita, berpikir negatif mungkin sudah menjadi bagian dari diri. Ketika hal-hal tidak sesuai rencana yang di harapkan, kita dengan mudah merasa depresi dan tidak bisa melihat sisi baik dari kejadian tersebut. Berpikiran negatif tidak akan membawa perubahan, berpikiran negatif justru membuat perasaan bertambah buruk. Ada beberapa teknik untuk mencegah dan mengatasi pikiran negatif, diantaranya adalah sebagai berikut:
1.    Pikirkan Hidup Saat Ini
Memikirkan masa lalu atau masa depan adalah hal yang sering membuat kita cemas. Jarang sekali kita camas karena kejadian masa sekarang. Jadi untuk menghindari pikiran negatif sebaiknya kita memikirkan apa yang sedang kita kerjakan saat ini, kita tidak perlu memikirkan apa yang terjadi setelah itu dan apapun hasil yang sedang kita kerjakan. Dan untuk persaolan masa lalu cukup dijadikan pengalaman saja untuk ke arah yang lebih baik.

2.    Fokus Pada Hal-Hal Positif
Jika kita berpikir positif, setiap kesulitan yang dihadapi akan terasa lebih ringan. Sebaliknya, jika kita berpikiran negatif, setiap kesulitan yang dihadapi akan terasa lebih berat untuk diselesaikan. Oleh kerena itu kita harus tetap berfikir positif dalam keadaan apapun.

3.    Hadapi Rasa Takut
Perasaan negatif sering kali muncul dari rasa takut, semakin kita takut untuk menjalani hidup, semakin banyak juga pikiran negatif dalam diri. Apabila kita takut terhadap sesuatu, kita harus berani mencoba melakukan/mencobanya. Karena rasa takut adalah bagian dari hidup, dan kita memiliki pilihan serta kekuatan  untuk melawan rasa takut yang ada dalam diri kita.

4.     Mencoba Hal Baru
Telusuri apa yang membuat kita berpikiran negatif, kita coba perbaiki hal tersebut. Namun jika hal tersebut tidak bisa diperbaiki lagi, kita tidah boleh mengeluh dan menyesal, karena hal itu hanya akan menghabiskan waktu dan energi, serta  membuat kita menjadi putus asa. Terimalah apa yang telah terjadi, petik hikmah/pelajaran dari hal tersebut, jadikan pengalaman dalam hidup dan kembali berusaha mencoba hal-hal yang baru. Karena dengan mencoba hal-hal baru dapat meningkatkan rasa percaya diri dan menghindarkan kita dari pikiran negatif.

5.     Mengubah Cara Pandang
Ketika sesuatu berjalan tidak sesuai dengan harapan/rencana kita, kita harus mencari cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif dan berusaha mencari jalan keluar yang terbaik. Karena dalam setiap kegagalan terdapat sebuah pengalaman untuk mencapai keberhasilan.

            Semoga apa yang telah saya sampikan diatas dapat memberikan manfaat bagi semua pembaca, apabila ada kesalahan dalam penulisan kata saya minta maaf dan tolong berikan komentar untuk perbaikan tulisan ini, terima kesih…







By: Agus Setiawan Aji N. (D1810002)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar