Minggu, 29 April 2012

Pustakawan Harus Bisa Memanfaatkan Kemajuan Teknologi




Informasi meliputi produk intelektual manusia baik tercetak maupun dalam bentuk elektronik. Di dorong oleh kebutuhan informasi , di mana mereka menginginkan hasil penelusuran secara cepat, tepat, dan mudah. Telah terjadi pergeseran orientasi kebutuhan pemustaka akan informasi berbasis teknologi seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Di era teknologi saat ini pemustaka membutuhkan informasi secara cepat, tepat, dan mudah melalui internet.
Dalam penggunaannya mencari informasi melalui internet khususnya melalui SEARCH ENGINE memang sangatlah mudah. Setiap orang dapat mencari informasi hanya dengan menulis apa yang akan dicari pada mesin pencari. Namun mesin pencari itu hanya mempunyai kelebihan dalam penelusuran yang cepat dan mudah saja, sedang ketepatan/keakuratan informasinya masih perlu dipetanyakan.
Menurut saya Perpustakaan sebagai sarana pencarian, penyimpanan, dan sarana temu balik informasi pada hakikatnya tidak akan mati selama ia dikelola dengan profesional. Kesiapan perpustakaan dalam menghadapi era teknologi informasi dan komunikasi untuk memenuhi kebutuhan pemustaka, merupakan sebuah tuntutan yang harus direalisasikan, dimana sumber daya manusia dan kemampuan manusia untuk berinteraksi dengan lingkungannya menjadi faktor yang amat penting.
Teknologi informasi ini memberikan kemudahan luar biasa kepada pengguna untuk mengakses informasi lintas batas. Di sisi lain teknologi informasi, juga memberikan kemudahan bagi pengelola informasi/pustakawan untuk mengolah, menyimpan dan menyebarkan informasi yang dimilikinya. Di sinilah kesempatan dan juga tantangan bagi pengelola perpustakaan/pustakawan dalam menunjukkan jati dirinya, yaitu dengan menciptakan produk atau jasa baru, seperti E-BOOK,E-JOURNAL,DLL atau produk lama dengan kemasan baru, seperti Katalog Online, kreativitas, inovasi-inovasi baru kita gabungkan dengan penggunaan teknologi informasi.

3 komentar: