Sabtu, 09 Juni 2012


Minat Baca Masyarakat Indonasia

            Pentingnya kegiatan membaca untuk kalangan remaja khususnya untuk para Mahasiswa. Membaca sangat penting untuk menambah wawasan serta menambah pengetahuan para remaja di era globalisasi saat ini, supaya tidak ketinggalan informasi yang dapat menunjang prestasi akademik mereka dan sebagai bekal di masa yang akan datang.
            Akan tetapi kondisi minat baca masyarakat Indonesia sekarang cukup memperhatikan, Minat baca sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya para remaja sekarang ini  dirasa masih kurang, hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya bahan bacaan yang tidak seimbang dengan jumlah pembaca.
            Untuk mengatasi hal ini pemerintah perlu menyediakan bahan bacaan yang cukup bagi masyarakat Indonesia. Selain itu penerbit juga perlu meningkatkan kreativitasnya, supaya buku yang diterbitkan dapat menarik perhatian pembaca. Dengan demikian pembaca akan tertarik untuk mengetahui isi dalam bacaan tersebut.
            Dengan meningkatnya bahan bacaan, perlu pula wadah untuk menampung semua koleksi bahan pustaka yang ada. Maka pemerintah perlu membangun serta mengembangkan perpustakaan di setiap desa/kelurahan demi kenyamanan pengguna perpustakaan.
            Selain dengan cara pengembangan koleksi pemerintah perlu menata kembali sistem pengelolaan perpustakaan desa/kelurahan. Dengan cara penambahan koleksi bahan pustaka misalnya. Sebab dengan bahan pustaka yang cukup akan  memberi kenyamanan bagi pengguna.
            Untuk mencapai/membangun perpustakaan yang maju dengan jumlah koleksi bahan pustaka yang lengkap butuh biaya yang cukup besar. Maka pemerintah perlu menganggarkan dana lewat APBN/APBD untuk pengadaan bahan pustaka di setiap desa/kelurahan yang bersifat permanen dan rutin.
            Apabila setiap desa sudah memiliki perpustakaan sendiri-sendiri, maka warga masyarakat perlu meningkatkan minat bacanya melalui perpustakaan desa masing-masing demi terciptanya masyarakat yang berwawasan luas & memiliki daya saing untuk menghadapi tantangan dari luar.


By: Agus Setiawan Aji N. (D1810002)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar