Minggu, 29 April 2012

Agus Setiawan Aji N.




TEKNOLOGI INFORMASI

Kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi saat ini berkembang begitu pesat, sehingga memungkinkan diterapkannya cara-cara baru yang lebih efisien untuk produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam Masyarakat atau Ekonomi Informasi. Masyarakat sekarang ini juga sering menggunakan teknologi untuk menyelesaikan tugas dalam suatu pekerjaannya. Contohnya dalam memperoleh sebuah informasi/data dari berbagai pelosok negeri seseorang akan langsung mencarinya melalui Search Engine seperti Google, Bing, maupun Yahoo. Dengan menelusur melalui mesin pencari ini, akan lebih efisien tempat,waktu, dan biaya. Sehingga sering kita dengar istilah “jarak sudah mati” atau “distance is dead”. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang cukup dominan.
Perpustakaan adalah sarana yang sangat penting (vital) dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.  Perpustakaan dari masa ke masa mengalami perkembangan yang signifikan sesuai kemajuan zaman dan  kebutuhan penggunanya. Perpustakaan sebagai aset vital suatu perguruan tinggi untuk tumbuh kreatif dan mampu bersaing jika dihargai dan ditempatkan dalam wadah dan struktur strategis. Pandangan  perpustakaan yang kini berkembang yaitu dari fisik ke maya, dari manual ke otomasi, dari monomedia ke multimedia, dari lokal ke global dan dari isolasi ke kolaborasi, memungkinkan perpustakaan untuk membantu mewujudkan visi perguruan tinggi mencapai taraf internasional. Saat ini perpustakaan digital makin pesat kemajuannya, dan hampir semua perpustakaan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, lembaga pemerintah maupun swasta berlomba-lomba mengembangkan perpustakaan digital. Karena arus globalisasi dan tingkat kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi dalam mengakses informasi.  Masyarakat semakin kritis dan ingin mengakses informasi secara cepat, tepat, akurat dan tentunya mudah. Solusinya dapat terpenuhi dengan mengkases informasi di Perpustakaan Digital.
Perkembangan perpustakaan juga tidak lepas dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Hal ini dikarenakan perpustakaan berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Keduanya saling mendukung satu dengan lainnya, perpustakaan memberikan kontribusi terhadap ilmu pengetahuan melalui penyimpan berbagai informasi dan sejarah perkembangan ilmu pengetahuan, sedangkan teknologi informasi memberikan dukungan pada kemudahan akses dan sistem informasi dalam sebuah perpustakaan. Seiring dengan perkembangan keduanya, sekarang ini dikenal adanya perpustakaan digital atau ‘digital library’ yang mampu menciptakan wadah yang lebih luas lagi bagi hubungan kedua hal tersebut di atas. Salah satu hal yang saat ini sangat diperhatikan oleh perpustakaan, terutama perpustakaan perguruan tinggi dalam hubungannya dengan perpustakaan digital adalah pengembangan koleksi digital.


Kesimpulannya sebuah ”Search Engine” tidak akan pernah menggeser keberadaan Pustakawan. Sebab hasil yang ditemukan “Search Engine” belum tentu benar karena  Search Engine hanya menampilkan seluruh hasil pencarian tanpa melakukan proses filter  terlebih dahulu tehadap informasi yang di tampilkan,di sinilah peran seorang Pustakawan dibutuhkan, dengan skill dan pengetahuan, seorang pustakawan akan dapat mengetahui kebenaran dari sebuah informasi yang di dapat dari hasil pencarian Search Engine dengan cara menganalisis/mencocokkan dengan sumber yang dapat dipercaya, seperti buku maupun journal karena referensinya jelas dan isi informasinya lebih akurat dan relevan. Dengan demikian, peran Pustakawan masih sangat dibutuhkan demi melayani kebutuhan pemustaka dalam mencari informasi yang lebih akurat dan dapat dipercaya baik dalam bentuk buku maupun bentuk elektronik yang di dapat melalui internet. Selain itu saat ini hampir setiap Perpustakaan menyediakan berbagai Informasi yang akurat yang bisa di akses malalui internet pula. Informasi ini lebih akurat dan dapat dipercaya daripada melalui Search Engine, karena Informasi ini telah di olah seorang Pustakawan. Informasi ini dapat diperoleh melalui web yang telah disediakan oleh perpustakaan tersebut.



By: Agus Setiawan Aji N. (D1810002)

1 komentar: