Jumat, 30 Maret 2012

Perbandingan Google dengan Bing


A.   GOOGLE

Google didirikan oleh Larry Page dan Serge Brin ketika meraka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakanperusahaan saham pribadi pada 7 september 1998. penawaran umum perdananya dimulai sejak 19 agustus 2004. melalui jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dimitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya ke area lainya, termasuk email berbasis web, pemetaan perusahaan, produktivitas perusahaan dan bwrtukar video.
Sebagian besar dari kita atau bahkan semuanya sudah mengenal Google sebagai search engine yang sangat anadal dalam melakukan pencarian. Biasanya dalam melakukan sebuah pencarian kita hanya memasukkan text atau frasa dan kemudian diikuti klik tombol search. Memang dari cara tersebut kita bisa mendapatkan hasil yang akan kita cari tetapi apakah dari cara tersebut kita mendapatkan hasil yang benar-benar relevan dengan apa yang akan kita cari. Nah permasalahan disini adalah bagaimana caranya agar input yang kita cari benar-benar atau mendekati relevan.
Sebelumnya mari kita lihat bagaimana sebuah search engine melakukan retrieve terhadap informasi di dunia internet, terdapat beberapa metode yang digunakan diantaranya :
1. Exact Matching (Boolean)
2. Ranking by similarity to query (vector space model)
3. Ranking of matches by importance of documents (PageRank)
4. Combination Methods
Metode yang digunakan oleh Google adalah metode keempat. Google memang
menyediakan teknik pencarian agar kita dalam melakukan pencarian mendapatkan hasil yang
optimal dan relevan dengan apa yang akan dicari. Berikut ada beberapa caranya :

1.      Untuk menemukan sebuah file kita dapat membatasi pencarian hanya kepada tipe file tersebut dengan mengetik text_pencarian filetype:ext contohnya kita ingin melakukan pencarian tutorial meningkatkan trafik blog dalam format pdf maka ketik tutorial meningkatkan trafik blog filetype:pdf. Pencarian dengan cara ini juga bisa dilakukan dengan file type lain seperti xls, doc dan lain-lain.

2.      Untuk mencari definisi dari sebuah istilah kita dapat menggunakan define:term. Contohnya adalah pada saat kita ingin mencari definisi dari search engine optimization maka dapat langsung mengetikkan define:search engine optimization.

3.      Untuk yang berkecimpung di bisnis internet maka diperlukan informasi tentang nilai tukar rupiah terhadap dollar atau sebaliknya maka dapat menggunakan n mata_uang1 in n mata_uang2. Contohnya adalah ketika kita ingin mengetahui nilai 120$ dalam kurs rupiah maka ketik 120 USD in IDR, pencarian seperti ini bisa digunakan untuk mata uang mana saja.

4.      Bagi yang hobi menonton film belum sreg rasanya jika belum membaca resensi film tersebut maka bisa digunakan movie:text_pencarian untuk menemukan resensi film yang lengkap. Contohnya jika kita ingin mencari resensi dari film Awake maka dapat mengetikkan movie:awake.

5.      Untuk mengetahui situs-situs yang menyajikan informasi buku yang dicari maka dapat menggunakan books tema buku. Contohnya jika kita ingin melakukan pencarian terhadap buku beginning joomla yaitu cara-cara membangun situs dengan CMS joomla maka dapat mengetikkan books beginning joomla.


Teknik tersebut digunakan untuk membantu agar pencarian kita di mesin pencari Google lebih efektif dan lebih mendapatkan hasil yang relevan. Nah dari cara-cara tersebut mungkin dari teman-teman ada yang mau menambahkan lagi teknik pencarian tersebut? Sebenarnya juga ada cara mudah yaitu menggunakan Google Advanced Search tapi kan sebaiknya kita menjadi lebih tahu juga sedikit trik-trik dari pencarian di Google.
  1. Simple, tampilan google sangat sederhana, tanpa iklan dan news sehingga tidak membingungkan. Sekali masuk 100% pasti akan melakukan aktifitas pencarian.
  2. Google memudahkan pencarian menggunakan kata kunci yang relevan. Hanya beberapa detik saat kita mengetikkan kata kunci, google menawarkan beberapa kata kunci populer dan relevan yang mungkin Anda inginkan.
  3. Google mendukung web service. Layanan ini diperuntukkan bagi software developer. Dengan mengetahui tentang web service suatu mesin pencari, Anda tidak perlu membuat mesin pencari sendiri untuk membuat aplikasi yang support pencarian di web misal browser firefox, Yahoo Messenger atau flock. Aplikasi-aplikasi tersebut support pencarian.
  4. Google melakukan pengindexan suatu halaman website secara berkala. Sehingga saat kita update web, google dipastikan akan datang berkunjung untuk melakukan indexing.
  5. Sekarang google support terhadap pencarian berdasarkan lokasi pengunjung (localized search). Contohnya jika anda ketikkan google.com di indonesia, maka akan muncul ke google.co.id.
  6. Sangat enteng dan cepat diakses.
  7. google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memiliki cache.
  1. Perkembangan website yang sangat cepat tidak mendapat bandingan dari kecepatan index google, sehingga kadang artikel yang kita buat sekarang baru terindex beberapa menit bahkan sampai berhari-hari.
  2. Kadangkala hasil pencarian tidak relevan, meskipun google telah berusaha menampilkan hasil yang relevan. Kadang hasil pencarian hanya membuat kita berputar dari web ke web yang lain.
  3. Aktifitas link spamming yang tidak terbendung untuk mengangkat posisi website jika tidak bisa dibedakan search engine dengan link natural akan menyebabkan akurasi pencarian melemah. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarianpun terasa terganggu.
  4. Tidak bisa mengindeks halaman tertentu. Beberapa website yang memakai konten dinamis tidak bisa diindex. Biasanya website seperti ini dihalangi oleh form yang mengharuskan inputan. Form inilah yang menyebabkan website dimanis sulit terindex dengan baik.
  5. filter pencarianya kadang kadang langsung menuju pada hal yang privat seperti file database dan kadang kita mendengar google hacking, yaitu mencari data-data privacy.



B.BING

            Bing merupakan mesin pancari website buatan Microsft.Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan microsoft terhadap ketiga produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Serch, dan MSN Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni Teknologi Power Set.Teknologi ini memungkinkan pengguna melakukan pencarian yang lebih akurat.

Kelebihan Search Engine Bing :
a)      Mempunyai fasilitas instant answer. Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan Bing memberikan jawaban.
b)      Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail. Apabila pengguna melakukan pencarian situs atau halaman web yang berisi konten image, maka Bing mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan detail.
c)      Kotak detail pada link hasil pencarian. Jika pada situs-situs mesin pencari lainnya, pengguna harus mengklik link yang ditampilkan di halaman tersebut untuk mengetahui isinya. Namun, pada Bing ini, pengguna tidak perlu mengklik link lagi, tetapi hanya perlu mengarahkan kursor pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Melalui kotak detail inilah pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut.
d)      Bing.com ini mesin pencari yang sangat complet, semua yang Anda cari pasti ada.
e)      Sistem filternya bisa kita aktif kan ataudi non aktifkan, jadi anda bisa membuka situs yang diblokir.

Kekurangan Search Engine Bing :
a)      Tidak dapat berhitung.
b)      Hasil pencarianya kurang luas  dan fiturnya tidak lengkap.
c)      Bing.com kurang di minati oleh pengguna.
d)      Bing.com kurang cepat dalam pencariannya.
e)      Yang masih berstatus beta kemungkinan cesar masih memiliki bug didalamnya.

Untuk anda yang gemar mencari informasi di Internet, Google pasti menjadi salah satu rujukan pertama untuk mulai mencari, karena begitu populernya hingga muncul istilah ‘googling’ untuk menjelaskan aktifitas pencarian informasi melalui google. Google jelas merajai dalam bisnis pencarian, namun awal tahun ini geliat mesin pencari baru Bing (www.bing.com) dari microsoft kian meningkat, diakui atau tidak bing memberikan warna baru dalam persaingan mesin pencari di internet saat ini, selain yahoo.


Referensi
http://adevioktavianingeblog.blogspot.com/2011/11/kelebihan-dan-kekurangan-search-engine.html




                                                                         By: Agus Setiawan Aji N (D1810002)
                                                                               Fransiskus Adven S.N (D1810036)
                                                                               Luki Yulianto (D1810050)
                                                                               Satrio Pandu Baskoro (D1810088)
                                                                               Setiaji Adhi P (D1810090)
                                                                               Tabah Budi Prasetyo (D1810096)

 


1 komentar: